Salam Budaya

Apakah yang harus dikatakan ketika ada kesempatan untuk berkata-kata? Itulah yang terjadi ketika aku berhadapan dengan ruang kosong ini. Persoalan seperti inilah yang dihadapi anak-anak sekolah ketika sang guru capek bicara, kemudian mengakhiri kalimatnya dengan: “Siapa yang bertanya?” Hal yang sama juga terjadi di ruang-ruang diskusi, ruang seminar, dan banyak lagi fora ceramah. Kebebasan untuk berbicara, ternyata tidak mudah menggunakannya. Padahal, mendapatkan kebebasan itu bukan hal yang mudah. Banyak orang yang berani mengorbankan segalanya untuk mendapatkan kebebasan, tetapi ternyata mereka malah tidak tahu harus berbuat apa-apa ketika kebebasan sudah berada di ujung jemarinya, tak tahu apa yang harus dikatakan ketika kebebasan berada di ujung lidahnya, tak tahu juga kemana melangkah ketika kebebasan ada di ujung kakinya.

Kebebasan, itulah kata sakti yang diperjuangkan umat manusia. Para guru menuntut kebebasan menyusun kurikulum sendiri. Tetapi tahukah apa yang kemudian mereka lakukan ketika kebebasan itu didapatkan lewat pemberlakukan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP)? Sesungguhnya, kebebasan hanyalah sebuah pintu. Yang menjadi soal sebenarnya adalah kemana arah yang akan dituju ketika kita melewati pintu itu.

Kebebasan, adalah merpati putih yang terbang tinggi. Kemanakah terbangnya? Dimanakah hinggapnya? Apakah yang dapat dimakannya? Dan, sesunggguhnya merpati itu tebang tinggi mau apa? Apakah terbang hanya sekadar untuk terbang, supaya menjadi sah sebagai burung? Terbang, bebas, terbang, nyungsep, itulah AdamAir, itulah Garuda. Itulah manusia………..

Sampai lain waktu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: