Bahasa Lokal atawa Dialek Suroboyoan

Bahasa Jawa yang berkembang di Surabaya memiliki ciri khasnya sendiri. Bukan seperti bahasa Jawa umumnya, dan tentu saja jauh berbeda dengan bahasa Jawa Mataraman atau Jawa Tengah. Kebetulan saya sekian tahun yang lalu sudah mencoba mengumpulkan istilah-istilah khas Suroboyoan,yang rencananya mau diterbitkan menjadi buku. Tetapi, proyek itu macet dengan berbagai sebab. Saya lantas berpikir, mengapa tidak dipublikasikan via blog ini saja? Nah, sambil saya mencari arsip, saya akan selalu meng-update setiap temuan baru istilah-istilah itu. Mohon komentarnya yaa… Terima kasih.

Nah, siang tadi (26/9/07) teman saya Ujang yang sedang bekerja di Jakarta, kirim SMS menanyakan beberapa istilah dialek Suroboyoan. Langsung saja jawab via SMS juga. Dan saya kembali teringat proyek saya itu. Mudah-mudahan dengan model publikasi via blog ini lebih cepat dan lebih luas tersebar sehingga bermanfaat untuk kemaslahatan umat. Dan saya sangat berhatap, manakala diantara Anda ada yang memanfaakannya untuk suatu kepentingan, dengan segala hormat, tolong kirimi saya email, biar saya tahu. Bukan ijin, sekadar beri kabar saja kok. Supaya saya mendapatkan kebahagiaan tersendiri bahwa apa yang saya lakukan telah memberikan manfaat bagi orang lain.
Sementara itu, nanti segera saya upload dengan isinya. Terima kasih.

2 Tanggapan

  1. Yo Wis Boss, tak enteni uploadtane …
    Mudah-mudahan bisa ikut nyumbang glossary sampean, kebetulan untuk keperluan proses kreatif penulisan saya, juga sudah saya lakukan riset kecil-kecilan untuk bikin Mesin Glossary Istilah Suroboyo, namanya KerePedia, version 1.0. Nama software tersebut bukan bertendensi apa-apa, tidak ada kaitan dengan kefakiran saya atawa kerombengan nasib pribadi saya. Itu semua semata-mata sekadar untuk pengingat, bahwa saya membuatnya ketika sedang bergulat dengan genre cerita-cerita Kaum Kere.
    Makasih mas.
    Bener lho, tak tunggu.

    Salam,

    Juslifar M. Junus

  2. mas hendri, dimana ya file untuk beberapa istilah dialek suroboyoan-nya? aku mbiyen sempet nulis tentang osob kiwalan kera ngalam sam 🙂

Tinggalkan Balasan

