Catatan Terapi Alami (3): Delapan Obat Alami ala Newstart

NEWSTART adalah Lembaga, Metode, Program dalam bidang kesehatan yang ditujukan kepada setiap insan manusia yang menginginkan hidup sehat secara alami melalui optimalisasi 8 unsur (element) yang sangat berpengaruh dalam kesehatan, 8 unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh yang harus diterapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

Newstart itu sendiri, sebetulnya merupakan akronim dari: Nutrition (Nutrisi), Exercise (Olahraga), Water (Air), Sunshine (Sinar matahari), Temperance (Pertarakan), Air (Udara), Rest (Istirahat), dan Trust in God (Percaya pada Tuhan).

Rumah Sakit Adven Taiwan adalah sebuah contoh, disamping sebagai rumah sakit dengan kemampuan medis yang sangat tinggi, juga terkenal akan obat pencegahan dan promosi diet vegetarian yang bergizi. RS ini menekankan pentingnya diet yang sehat. Makanan masa kini semakin banyak diolah. Beberapa orang bahkan menderita penyakit kronis dari makanan olahan ini.

Sejak tahun 1997, Rumah Sakit Adven Taiwan mulai mempromosikan diet vegetarian NEWSTART yang bergizi, tanpa telur, tanpa susu, tanpa minyak olahan, tanpa gula, tetapi penuh serat. Program gaya hidup NEWSTART ini juga sudah diterapkan di 170 Rumah Sakit Adven di seluruh dunia.

Selain memperkenalkan diet ini secara terperinci, termasuk “Delapan Prinsip Sehat”, rumah sakit juga menyelenggarakan kelas pelatihan seperti itu tiga kali dalam satu tahun sebagai bagian dari pendidikan profesional.

Hasil penelitian Rumah Sakit Adven Amerika membuktikan bahwa NEWSTART adalah diet yang memperpanjang tingkat harapan hidup dan mencegah kanker serta berbagai penyakit lainnya.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan dari sudut pandang perawatan kesehatan atau dari struktur usus manusia bahwa kita harus bervegetarian. Walaupun daging mengandung protein yang tinggi, ia juga mengandung banyak unsur yang membebankan organ tubuh manusia dan tidak baik bagi manusia, terutama orang sakit.

Banyak peserta memperlihatkan perbaikan kondisi badan yang jelas setelah 13 hari. Contohnya, seorang peserta yang juga seorang dokter mempunyai kadar kolesterol lebih dari 300 mg/dl (mg/dl = miligram / 100 mililiter) sebelum mengikuti program ini. (Batas normal adalah kurang dari 200 mg/dl). Setelah 13 hari, kadar kolesterol dia turun kembali ke keadaan normal. Peserta diet yang lain sebelumnya perlu mengonsumsi 13 pil setiap hari untuk mengendalikan tingkat gula dalam darah dan tingkat lemak. Setelah diet yang sehat ini, pengobatannya turun menjadi 3 pil sehari.

Banyak orang yang menderita penyakit encok dan kolesterol tinggi mengalami kemajuan setelah mereka menjalankan diet NEWSTART. Sayangnya, banyak orang yang baru menyadari pentingnya menjaga kesehatan setelah mereka menderita sakit berat.

”Sehat itu kaya. Dan jika kita ingin sehat, kita harus mulai membentuk kebiasaan makan yang sehat dan gaya hidup yang baik untuk meningkatkan kualitas dan harapan hidup. Meskipun kesehatan fisik penting, seseorang juga membutuhkan keyakinan rohani untuk menyeimbangkan tubuh fisik dan pikiran. Seseorang harus mempercayai Tuhan. Kepercayaan kepada kuasa Tuhan berhubungan langsung terhadap kesehatan fisik. Kepercayaan dapat menghapus tekanan mental, dsb,” tulis publikasi RS tersebut dalam sebuah situs.

Newstart adalah gaya hidup sehat. Kitalah yang sesungguhnya sanggup menjadi dokter bagi diri sendiri. Bukankah ketika kita berobat ke dokter, justru dokter memberi pengobatan berdasarkan keterangan yang kita berikan. Seringkali orang datang karena sudah jenuh dengan dokter, sudah parah.

Jadi, memang bukan hanya makanan yang jadi fokus utama, melainkan 7 unsur lainnya. Exercise (Olahraga) misalnya, memfungsikan semua organ tubuh kita agar tidak mengalami degenerasi. Disarankan, setelah makan sebaiknya bergerak, jalan-jalan, supaya membantu proses pembakaran dalam tubuh. Jangan langsung tidur. Biasakan olahraga, setiap pagi, meski hanya jalan-jalan, minimal 30 menit, sampai keluar keringat.

Unsur Water (air), bukankah sudah menjadi kenyataan bahwa tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Dalam sehari dianjurkan minum air putih 8 (delapan) gelas. Demikian pula unsur Sunshine (Sinar matahari), tidak bakal ada kehidupan tanpa sinar matahari. Sinar matahari pagi mampu membantu terbentuknya vitamin D. Matahari bersinar memberikan cahaya , sinar ultra violet dan sinar infra merah. Cahaya memberikan suasana terang. Ultra violet dan infra merah untuk membunuh bakteri dan semua penyakit. Bayangkan, berapa banyak orang Barat yang jauh-jauh datang ke Bali hanya untuk berjemur di pantai mendapatkan sinar matahari. Di negeri mereka, matahari adalah sesuatu yang langka, sementara Indonesia dikenal negeri dengan sinar matahari yang melimpah.

Temperance (Pertarakan) itu penting. Pengobatan tanpa pantangan akan sia-sia saja. Sebutlah minyak, meskipun diklaim dari tumbuhan, akan membawa penyakit, karena diolah sedemikian rupa sehingga justru merusak aspek alaminya. Minyak termasuk bahan yang sensitif. Jika pengolahannya tidak tepat, sebagus apa pun kandungannya, itu tidak akan memberi manfaat kesehatan. Kebalikannya, bahan untuk menggoreng tersebut adalah biang munculnya penyakit.
Jika tak tersentuh panas, segala kebaikan minyak belum terusik sehingga dikonsumsi pun aman. Minyak zaitun, misalnya. Kandungan minyak tak jenuhnya jika diminum ampuh menurunkan kadar kolesterol. Namun, sebagaimana sudah dijelaskan di atas, jika sudah dipanaskan (terutama ketika digunakan untuk menggoreng), segala kebaikan itu lenyap. Minyak pun berubah menjadi jahat. Kandungan minyak tak jenuh berubah menjadi jenuh. Ini yang berbahaya bagi kesehatan.

Air (Udara). Tidak ada yang meragukan pentingnya udara bagi kehidupan. Oksigen yang terkandung dalam udara itulah yang memberikan kehidupan bagi semua mahluk di planet bumi ini. Ya hanya di bumi, karena banyak planet lain yang tidak ditemukan kehidupan karena tidak ada oksigen di sana.

Rest (Istirahat). Bagaimanapun, tubuh ini juga tak bisa terus menerus bekerja. Mesin saja butuh istirahat, apalagi mahluk hidup. Berapa banyak waktu yang kita sediakan untuk istirahat dalam sehari? Istirahat, bukan sekadar kuantitas, tetapi juga kualitas. Bukankah obat yang paling murah itu adalah tidur? Dalam kondisi tidur, semua organ-organ tubuh mendapat kesempatan untuk memulihkan diri, sehingga siap bekerja kembali ketika diperlukan.

Terakhir, Trust in God (Bertaqwa). Pada akhirnya, semuanya akan kembali juga pada-NYA. Tak ada kekuatan dan kekuasan macam apapun yang sanggup mengalahkan-NYA. Kalau DIA sudah berkehendak, maka yang akan terjadi terjadilah. Tetapi kita masih diberi peluang untuk menentukan nasib kita sendiri. Kita masih bisa berupaya untuk menjadikan diri kita lebih baik. Tuhan akan menakdirkan mahluknya sebagaimana yang mereka perjuangkan dengan tulus ikhlas dan penuh tawakal. ­henri nurcahyo

4 Tanggapan

  1. saya sedang mengerjakan skripsi mengenai NEWSTART..
    saya bisa mendapatkan bahan-bahan mengenai akibat-akibat tidak menerapkan pola hidup NEWSTART. saya sangat mengharapkan bantuannya..
    trimakasih.
    Tuhan Memberkati

  2. boleh kah saya minta alamat RS NEW START yang ada di malang. dimana say bisa beli buku tentang pengobatan NEW START? makasih. GBu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: