Melestarikan Sejarah via Game Online

Permainan melalui sarana internet (game online) sudah mewabah di negeri ini. Jutaan member, terutama anak-anak muda, menggandrunginya. Asal tahu saja, seratus proses produser game online itu ternyata dari mancanegara, terutama Korea Selatan dan Jepang. Pertanyaannya, apakah ini bukan penjajahan budaya?

Selama ini, para orang tua selalu cemas dengan anak-anak mereka yang disita waktunya di depan televisi dan video. Belakangan, dengan adanya internet, seakan hadir menjadi penjajah baru yang siap merampas waktu luang anak-anak dengan permainan games online. Mending kalau memang waktu luang. Realitasnya, justru game online banyak menyita waktu produktif. Bukan hanya soal waktu, tentu juga menyangkut dana. Seringkali terjadi, uang kebutuhan sekolah habis tersedot di warnet, hanya untuk bayar sewa game online.
Yang terjadi sekarang ini, game online cenderung dimusuhi para orangtua karena mereka sendiri tidak memahaminya. Ketika anak-anak usia belasan tahun lancar dan sangat fasih bermain games, sebagian besar orang dewasa belum sepenuhnya memahami signifikasi dari games ini. Bahwasanya games online diperkenalkan ke dalam kehidupan sebuah generasi sama seperti televisi yang diperkenalkan kepada para pendahulunya.
Lepas soal “penyelewengan” waktu bermain, konten game itu sendiri agaknya menjadi perhatian tersendiri sekelompok anak muda yang bermarkas di Bandung. Lewat bendera Studio Sangkuriang dan Telegraph, mereka menggarap situs game online berbasis sejarah Indonesia, namanya http://www.nusantara-online.com. Situs ini adalah karya anak bangsa yang bertemakan sejarah nusantara pada masa lalu, ketika kebudayaan dan kerajaan-kerajaan besar di nusantara turut serta mewarnai perjalanan sejarah dan budaya dunia.
Nusantara Online, adalah sebuah Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORG), suatu jenis permainan berbasiskan konsep permainan Role-Playing-Game (RPG) yang dapat dimainkan dari berbagai tempat dan waktu oleh banyak pemain. Sedangkan RPG sendiri adalah suatu jenis permainan dimana pemainnya akan memainkan karakter buatan dan akan menjalankannya untuk mengikuti suatu alur cerita. Dalam RPG seorang pemain akan bebas mengontrol karakternya untuk mengikuti alur cerita yang disediakan oleh sistem permainan. Dan jenis permainan ini tidak selalu mengarah pada satu cerita baku karena pemain akan mengontrol keberjalanan cerita sesuai dengan keinginannya dalam menjalankan karakternya.
Singkat cerita, game ini dimaksudkan untuk membuat pelajaran sejarah menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Game online adalah pilihan sarana yang sesuai dengan gaya anak-anak muda sekarang ini. Meski pada prakteknya, member game online banyak yang berusia di atas 40 tahun. Situs ini memang masih dalam tahap proses, meski sudah dapat diakses dan disediakan versi preview, namun secara sempurna baru akan online sempurna pada tengah tahun 2009 ini. Sebagai langkah awal, dipilih tiga kerajaan besar yang pernah jaya di nusantara ini, yakni Majapahit, Pajajaran dan Sriwijaya.
Jadi, jangan membayangkan game ini adalah sebuah tutorial belajar sejarah. Pemain tidak akan merasa diajari karena mereka sendiri yang berjalan di dalam sejarah. Mereka mengalami sendiri dalam sejarah virtual itu. Game ini juga tidak akan menggurui pemainnya. Pemain akan belajar teori kemasyarakatan yang langsung dapat diaplikasikan di dunia virtual.

Fitur utama yang ditawarkan adalah pertempuran laut, pemilihan tokoh hikayat, pertempuran kuda,sistem serat (membuat pemain mendapatkan keistimewaan karena dapat memegang serat atau kebijaksanaan), prasasti, tunggangan, membangun istana, dan membuat kelompok. Semua yang diaplikasikan di game ini berdasarkan pustaka sejarah. Untuk itu, dalam kurun bersamaan, juga disiapkan situs pendukung pustaka ini dengan nama http://www.wacananusantara.org.
Game ini tidak melulu soal perang. Ada fitur lainnya seperti kemampuan menunggangi kendaraan istimewa seperti lembu andhini atau garuda. ada juga parameter perilaku untuk menemukan jatidiri, ada interaksi dengan sesame player yang harus dibangun. Game ini seperti perpustakaan digital yang sangat besar, tetapi dipresentasikan secara menyenangkan dan melalui media populer yang digemari anak-anak.
Anak-anak muda yang menggawangi produser game ini terdiri dari alumni ITB untuk urusan pemrograman, audio visual ditangani alumni Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung, serta mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang memasok konten sejarahnya.
Penasaran? Silakan segera kunjungi situsnya, dan cobalah menyaksikan previewnya melalui jalur Youtube. – henri nc

Iklan

Satu Tanggapan

  1. games sejarah bisa didownload ga ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: