Biodata

Henri Nurcahyo, lahir di Lamongan 22 Januari 1959, pernah sekolah formal di FKH (Fakultas Kedokteran Hewan) UGM Jogjakarta, terjun berkesenian sejak tahun 1977, aktif di LSM kebudayaan dan lingkungan sejak tahun 1979, menulis di banyak media massa sejak tahun 1979 dan pernah bekerja dan mendirikan beberapa penerbitan media massa.

Pernah menjadi juara lomba karya tulis jurnalistik sebanyak 10 (sepuluh) kali dalam berbagai bidang. Menulis banyak artikel kesenian di berbagai kesempatan (koran, majalah dan katalog pameran serta makalah sarasehan), dan aktivitas terakhirnya dalam lembaga Dewan Kesenian Sidoarjo dan Lembaga Ekologi Budaya (Elbud)dan juga Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).

Berpengalaman menulis buku sebanyak 36 judul (sampai Oktober 2014), baik ditulis sendiri maupun bersama penulis lain (selengkapnya, baca: https://henrinurcahyo.wordpress.com/portofolio/). Tahun 2001, mendapat Penghargaan Seni Budaya dari Gubernur Jawa Timur (sebagai penggerak kesenian bidang penulisan).

Alamat : Jl. Bungurasih Timur 40 Sidoarjo – 61256
Mobile Phone : 081.23100.832
Email : henrinurcahyo@gmail.com,
Webblog : henrinurcahyo.wordpress.com, http://www.kompasiana.com/henrinurcahyo
Facebook : https://www.facebook.com/henrinurcahyo

17 Tanggapan

  1. Biodata Anda hebat sekali.
    Teruskan berkarya dalam kehidupan anda, semoga banyak faedahnya bagi masyarakat.

    Sungguh kecewa setelah cukup lama tidak berada di lingkungan negara tercinta, ternyata apa yg menjadi harapan saya negara dg social dan kesejahteraan yg semakin maju hanyalah ILUSI, negara kita semakin tidak karuan dikacamata saya.

  2. Selamat buat mas Henri Nurcahyo karena telah mendapat kepercayaan untuk menjadi pemimpin Redaksi wacananusantara.org. yang membidangi masalah Sejarah dan Kebudayaan. Saya juga telah membangun Blog yang saya gunakan untuk berkeluh kesah tentang Seni, Budaya dan peranannya di tengah kehidupan masyarakat, dan itulah alasan saya, kenapa lukisan-lukisan saya banyak bicara tentang pelestarian Seni-Budaya, yang tentunya juga termasuk sejarah dan peninggalannya. Jika berkenan, silahkan ikut posting di ; http://pandji-arts.blogspot.com. Mungkin kita akan sering berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui media tersebut. Wassalam (S.Pandji)

  3. menelusuri jejak situs…. ech ketemu wong iki. yak opo kabare
    Yakopo kabare arek-arek gentengkali ?
    (Bambang.WS, surabaya minggu, pimpinan teater Bara Lilin, pelatih teater johar, anggota sandradekta, pelatih teaer cahaya, paniaia LDLK, Anggota persatuan artis teater surabaya dll.
    Situs iki tak masukno daftar & iso dibukak nang SEJATI NEWS (Seputar Jaw Timur) alamat :http://seputarjawatimur.blogspot.com/

    aku jaluk ijin tak mamsuk no nang situs ku.
    trim.
    email :
    bambanghapra@yahoo.co.id
    eyang_jothosuro@yahoo.co.id

  4. salam kenal mas, boleh tanya 2 mengenai kisah PANJI, kebetulan aku mau bikin liputannya, thanks

    • silakan, kebetulan minggu-minggu ini ada Lydia Kietven, pakar soal Panji dari Jerman (bermukim di Australia). Senin, 18 mei jam 11.00, ceramah di FIB unair, 19 mei di Kediri, 21-22 di Yayasan Kaliandra Dayurejo Pasuruan, 24 di Malang

  5. terus berkarya bang. biodata abang membuat semangat saya berkecamuk lagi.

  6. salam kenal, biodata anda hebat sekali. Saya jadi cemburu dengan anda. Teruskan berkarya. Jika punya kesempatan pasti banyak yang ingin saya pelajari dari anda. Semuga sukses selalu.

  7. saya beli dan baca buku editan anda tentang konservasi budaya panji. Sudah selayaknya jawa Timur punya ikon besar seperti Jogja dan lainnya. Pusat Informasi Majapahit juga harusnya di revitalisasi lagi. begitu juga dengan sisa2 sriwijaya di palembang.

    Saya heran dua kerajaan nusantara yang besar sekali (Sriwijaya dan Majapahit) yang mengharumkan sejarah indonesia kok malah seperti “tidak berbekas sama sekali”. Kalah pamor sama kraton jogja yang sebenarnya tidak lebih besar dari dua kerajaan di atas.

    Ayo, kita gali lagi budaya Nusantara khususnya jatim!!! Selamat berkarya

  8. Hebat… hebat… sukses selalu mas. Salam buat nyonya dan teman-teman di DKS….

    (aku muridnya Haradjie BS. Saiki aku nyekel Tribun Kaltim, nang Balikpapan)

  9. aq ru mau buat biodata….

  10. mas piye kabare, sehat khan?

  11. Melihat sekilas kaos yang dipakai pak Henri adalah Kaos Reyog. hehehe nebak, siapa tau dapet hadiah.

    salam kenal.
    terima kasih,

    • wah kok sampeyan titen yaa, aku dah lupa. mungkin iya. yang jelas waktu itu aku satu-satunya peserta dari jatim, jadi aku sengaja mempromosikan kesenian jatim. mungkin kebetulan pake kaos reyog. jadi, yang dapat hadiah siapa? aku? hehe…. salam kenal juga.

      • hehehe, saya yang kemarin kirim email calon peserta workshop.

        Besuk kalau ketemu barter cinderamata. hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: